[Mungkin] Tips membaca buku non fiksi

Embed from Getty Images

pada suatu waktu, ogut pernah nyaranin dua orang sahabat buat membaca buku non fiksi. satu yang perempuan adalah seorang pembaca yang rajin, maksudnya sudah banyak buku yang dia baca. segala jenis buku. sedangkan yang satunya lagi adalah seorang lelaki yang dalam waktu setahun mungkin hanya menamatkan dua atau tiga judul. itupun dengan susah payah, karena pada dasarnya dia bukan seorang yang hobi membaca.

jadi, setelah memberi keduanya dua buah buku non fiksi ogut menemukan dua tanggapan yang berbeda. si cewek bilang, dia seneng banget dapet bukunya, itu buku yang dia cari bertahun-tahun, tapi dia sedang dalam situasi membaca buku lain. dan buku yang ogut kasih emang tebel banget juga sih. dia bilang, mungkin bakal coba namatin buku itu di tahun depan. buat yang cowok, ogut kasih buku yang lebih ringan, seputar hobi satu-satunya dia, sepakbola. tanggapannya, dia ragu bisa namatin buku itu.

saran ogut ke keduanya adalah, membaca buku non fiksi itu gak perlu mengikuti alur tulisannya. baca daftar isinya, terus loncat ke bagian yang emang lagi pengen dibaca. buku non fiksi memungkinkan kita untuk melakukan hal tersebut karena antara satu bab dengan bab lainnya hanya memiliki kaitan yang minimal. bukan cerita yang saling bersambung. melengkapi mungkin, tapi bersambung bukanlah hal yang pasti dalam buku non fiksi. lagipula, jika kemudian di bab yang kita pilh ternyata mengandung bagian yang berasal dari bab sebelumnya, tinggal kita balik ke bab tersebut. setidaknya hanya untuk mendapatkan sedikit fondasi dari bab yang sedang kita baca.

kemudian, yang cewek menolak gagasan ogut. dia tetap bersikekeuh untuk membaca secara serial dari bab pertama hingga bab terakhir. dan buku itu, yang ogut kasih, tiada pernah berhasil ditamatkan. sedangkan yang cowok, mengikuti saran ogut untuk kemudian dia bisa menamatkan bukunya hanya dalam waktu 3 hari. dan yah, dia tahu dan paham mengenai isi bukunya. apa tujuan buku itu.

well, sekian postingan dari ogut. hanya sedang ingin menulis. dan karena lagi seneng buat ngambil gambar dari getty images, makanya ogut kasi tambahan foto di postingan ini. hehehe…

seru banget milihin gambar dari getty images buat di embed di wordpress. try it lad!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: