wocapala

sejak pertama kali kami melakukan kemping tahun 2010, ogut rasa ada perkembangan yang sangat baik dari bocah-bocah ini. kami bahkan merasa tidak membutuhkan tenda di kemping pertama kami. angin malam, kekurangan logistik (terutama rokok) sangat menyiksa kami di kala itu. pun lagi suasana yang membikin merinding.

ketika kami akhirnya mendaki manglayang di tahun 2013. peralatan kami sudah lebih lengkap dan memadai. kami punya tenda, carrier, cooking set, dan matras. setidaknya kami yakin bisa bertahan di alam jauh dari peradaban. jaman itu adalah ketika kami belum mengetahui mengenai zero waste camping. well, cukup merisaukan juga melihat foto-foto kamp kami yang seperti kapal pecah.

kareumbi adalah pilot project kami untuk kampanye zero waste camping. sangat memuaskan! mengurangi beban hingga sepertiganya. sampah yang kami hasilkan di camping ground berkurang hingga 80%. di kemping ini, trio wocapala selain ogut belajar mendirikan tenda agar bisa nyaman ditinggali saat hujan mendera. masih membutuhkan 20 menit sebelum tenda berdiri.

papandayan 2014 adalah ritus pembatisan Edo. gunung besar pertama baginya. disini pengalaman manajemen logistik kami bertambah. bisa membawa logistik dengan sistem zero waste dan lebih efisien. bocah-bocah itu juga sudah bisa mendirikan tenda dibawah 20 menit, bahkan jika bukan karena kesalahan mendasar di awal, mereka bisa mendirikan dalam waktu 10 menit. soal memasak Uki sudah bisa menjadi mountaneering chef, didampingi oleh Camat.

well, seperti yang ogut bilang. semua orang berkembang disetiap kemping kami. kami bukan pendaki gunung, kami adalah penikmat kemping. kami adalah WOCAPALA!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: