Mereka yang Melintas dalam Pikiran di 11 Bulan Terakhir ini

this could be embarrassing me.. but.. i just want to share it..

jadi taun ini udah bikin 11 cerpen buat 11 bulan. kayaknya ini satu-satunya kegiatan yang bisa ane lakuin secara konsisten. satu-satunya target yang bisa dipenuhi tiap bulannya. hehehe.. well, susah sebenernya nulis 1 cerpen buat tiap bulan. yang paling sulit adalah nemu ide dan tema tulisan, urusan nulis sih bisa berkiblat ke gaya menulis sesuka hati pidi baiq, yang penting ide nya ada dulu. naaah, untuk urusan ini ane mau berterimakasih kepada teman-teman yang hidupnya -hidup yang ane tau, bukan hidup dia sebenernya, just what i saw at their cover- sangat menginspirasi buat jadi bahan cerita. beberapa orang juga ane catut namanya jadi nama tokoh, tanpa konfirmasi duluan, daaan yah antara minta maaf dan terimakasih dan seharusnya kalian bangga nama kalian ditulis.. hahaha..

di bulan januari yang menginspirasi adalah nenek ane tercinta, Almarhum Siti Khodijah, yang udah ngasuh ane dari lahir sampe lulus unpad. tokoh yang muncul disitu, Ichsan si jurnalis putra asli aceh ane catut dari nama Ichsan Arshanda, temen kantor yang emang orang aceh.

surat untuk jasmine dapet ide nya dari postingan di wordpress orang lain, tentang surat buat mantannya doi, orang amerika yang nulis dan punya blog. jasmine ane catut dari Yasmin Ali Assegaf. di suatu masa pernah kita berdua adalah stand giude mizan pas pameran buku. beberapa taun kemudian ane deket ama dia sebelum akhirnya hubungan tak berkembang lebih jauh. hehehe. Leoni dan Sophie ane ceritain belakangan. ada bagian khusus untuk mereka.

Maret -revolusi magrib- idenya dapet dari pilem v for veendeta. Bayu dan Jali adalah nama temen jaman bocah di rumah. dua-duanya lebih tua dari ane. Rosihan namanya diambil dari sekretaris di field admin tempat kerja ane. Rois tentu saja dari Rois Asland, yang ternyata sesekolah terus dari smp-sma-kuliah dengan ane, walau kita kayaknya gak pernah jadi sobat deket. hahaha… untuk Beni namanya dapet dari iseng aja, tapi kisah hidupnya ane ambil dari pacarnya seseorang. hahaha.. sori yes.

pengakuan seorang tukang cukur. empat orang cewek yang muncul dalam curhatnya si sersan adalah inisial dari mereka yang emang cakep dan sayangnya udah punya cowok. sekian.

cerita buat mei dapet dari kisah menyedihkannya sobat ane, Lani Ruhendi yang memang divonis skizofrenia. nama tokohnya, Rohmat Saepuloh adalah temen ane di rumah dari umur 5 taun sampe saat ini. Entis sendiri kemungkinan besar dapet inspirasinya dari uwak ane. well, ide nya sih emang ingin punya tokoh orang sunda. makanya nama-nama yang dipilih beneran harus berbau sundanesse.

bulan juni judulnya the ferdinands, walau pada akhirnya ada temen kantor bernama ferdinan, cerpen ini gak ngambil nama dia. dibikin sebelum ane kenal dia, jadi untuk yang satu ini semuga kamu gak geer bang! hahaha. ide nya dapet dan nyontek dari the bleachers nya john grisham. tentang mantan pemain yang pada ngumpul buat nemenin pelatih mereka sekarat dan akhirnya mati. Mathias Ferdinand, nama ini soalnnya ane tiba-tiba keinget Lothar Matheus. Samuel dan Thomas ditulis biar dapet aja tiga nama yang serasi dalam Matty – Sammy – Tommy.

hari kondangan sedunia ditulis hanya dalam waktu sejam di hari terakhir bulan Juli. spesial karena pertama kalinya ane nulis nama temen sendiri dan emang memaksudkan tokohnya kepada dia. heheheh. lu harus bangga wid, Widya Rahayu. kisahnya dapet dari ondangan yang pernah ane datangin. aniwei, kisahnya tetep fiktif tapinya. selain Widya, seluruh nama tokohnya ane iseng tulis. yaah, diluar kebiasaan sih. bahkan untuk Hilda, harusnya inisial depannya bukan huruf H. hehehe…

buat cerpen Agustus, entah kenapa dikasih judul Sindi, atau lebih tepat pertanyaanya sih, entah kenapa ngambil nama Sindi. soal judul emang ane pengen ngasih judul nama tokoh, karena taun ini belum sekalipun ngasih judul pake nama tokoh. soal Sindi, cuma ada satu orang yang ane kenal bernama Sindi -atau Syndi- tapi kayaknya bukan dari dia deh nama itu munculnya. satu yang pasti, inisial nama lengkapnya sindi sih jelas buat siapa. hehehe…

September! yap, september story project yang kesekian sejak ane mulai taun 2009. dan yap, inisial tokoh utamanya emang selalu dari huruf K -taun ini Kaifa- padahal Kaifa udah pernah ane pake juga sebagai nama tokoh di cepren Kaifa dan Ababa. bae aja lah. ceritanya, seperti yang ditulis di cerpennya juga, emang dapet inspirasi dari into the wild nya jon krakauer. dan kalau gak salah ane pernah nonton juga pilem drama kayak begini, tapi endingnya sih tuh cewek idup, gak kayak dokter Kaifa. hahaha..

Oktober dan November agak memusingkan sebenernya. karena sebenernya cerpen oktober di finishing di bulan november dan cerpen november di publish duluan jadi urutannya kayak november di oktober dan oktober malah di november. dan ane jadi lieur juga. aniwei, agustus 2001 insipirasinya dari Kopral FC dan hampir semua nama yang dicatut adalah nama orang-orang yang berkecimpung di dunia persepakbolaan bocah -baik sebagai pemain bocah atau sebagai orang dewasa di kala itu-

the league of extraordinary heavy smoker men. judulnya dapet dari pilem the league of extraordinary gentlemen. ceritanya sedikit banyak dari kejadian pas ane turun gunung rinjani dan keabisan rokok, sedangkan di tim ane saat itu ada 3 perokok berat. jan schneider adalah nama yang hidup di pikiran ane, udah lama dia gak keluar jadi tulisan, sori jan! hehehe.. Ridwan aka Mandra, tukang ojeg di komplek ane. Udin, nama porter beneran di Sembalun, Rinjani. Michael Chang, awalanya tokohnya gak bakalan orang amrik dan cina, tapi karena terburu oleh ide yang jika disimpan lebih lama untuk mencari tokoh malah jadi ilang, ya terpaksa blasteran amrik-cina ini muncul dengan nama Michael Chang, mungkin ada sedikit inspirasi dari pemaen tenis itu.

desember ane belum nentuin mau nulis apa. beberapa orang sempat melintas di pikiran buat jadi inspirasi dalam menulis. well, belum ada yang punya pengaruh cukup kuat ketika melintas untuk memberi ide menulis.

last words, tengkiu very much teman-teman yang sudah memberi saya ide. sekali lagi, nama kalian dicatut? maaf, terimakasih, dan berbanggalah kalian menjadi bagian dari konsistensi si buschen dalam proyek 1bulan1cerpen taun 2013 ini! eureka!

Leave a Reply

