what your strongest area monsieur? obviously, it’s midfield, kid!

musim ini Arsenal hoki banget punya banyak pemain tengah yang bagus. walau di bongkar pasang tetep bisa ngasih kualitas oke. kayak pas lawan Palace tadi, begitu Flamini cedera, Gnabry masuk dan ini bikin perubahan dalam pola permainannya Arsenal. dengan Ramsey balik ke tengah dan Gnabry jadi opsi melebar, variasi serangan Arsenal lebih banyak.

di awal babak pertama kentara banget Arsenal kurang ngelebar maennya. pemain yang di simpen di sayap gak bisa narik fullback nya Palace biar ngerenggang. Cazorla dan Ramsey lebih hobi buat cut inside ke tengah, bahkan Gibbs juga beberapa kali bawa bola ke tengah bukan ke ujung lapangan. setelah ada Gnabry, sisi kanan udah mulai bisa nembus Palace. ada tiga peluang lewat sisi itu, dua via Santi dan Ozil, keduanya milih ngoper ke Giroud dan bisa diintersep. satu via Ramsey dan doi milih ngeshoot kenceng, ke blok sama kiper.

sayang nya kemudian Arteta dapet kartu merah. wenger jelas harus ngubah lagi pola maennya Arsenal, kali ini juga dipaksa ngubah formasinya. di bench opsinya ada Rosicky, Wilshere, Monreal, Bendtner. cuma ada dua yang bisa dipake. well, pilihan le boss beneran tokcer, ngeganti Gnabry dengan Wilshere dan Cazorla dengan Monreal. Gnabry emang secara defend lebih bagus daripada Ozil, tapi belum tentu juga arsenal butuh defend terus. Ozil emang pada akhirnya bisa defend sebaik mungkin yang dia bisa  dan saat serangan balik, Ozil selalu bisa megang kendali.

Monreal plus Gibbs di sisi kiri juga enjoyable ditonton. gak kayak biasanya yang Gibbs kebagian nyerang dan Nacho defend, lawan Palace Monreal yang nyerang dan secara konstan dia berhasil selalu ada di belakangnya fullback kanan palace, seseorang bernama belakang Ward. bikin dua peluang, salah satunya waktu cut in ke kotak penalti lewatin dua orang.

tapi, dibanding perubahan di kedua flank, pilihan paling joss dari le bos ada di tengah dengan menduetkan Wilshere dan Ramsey. dalam defend Wilshere adalah pemain dengan determinasi tinggi dan susah buat dilewatin pake dribel dan teknik standar, pun Ramsey yang jadi pemain dengan tekel terbanyak di liga. duo ini bikin poros tengah arsenal tetep aman. pas nyerang, Wilshere jelas terkenal karena burst forward-nya dia, bisa ngelewatin satu-dua pemain dengan gampang. berapa kali Wilshere bisa mulai serangan balik dengan ngelewatin gelandang bertahannya Palace sebelum ngoper ke sayap. man of the moment kita, Aaron, off the ball nya musim ini edan eling. coba aja liat proses gol ke dua, di posisi yang beberapa menit sebelumnya selalu ada Nacho eh malah ada Ramsey, karena Nacho tertahan sama 3 pemain palace yang nyerbu sisi kiri arsenal.

well, diluar bantuan Sir Szczesny -nonton dia tadi malem berasa liat Seaman abis cukur rambut- dan hoki, arsenal emang punya power tak terbatas di lini tengahnya. selai itu, hoki adalah satu-satunya hal yang sangat dibutuhkan untuk menjadi juara. percuma semua strategi dan skill pemain, kalo emang gak hoki, gol gak akan datang. tim juara gak seharusnya kalah pas lawan medioker. hehehe…

semoga fortuna terus berpihak pada the boys of arsenal. abis Selhurst Park, ada badai yang menunggu. Winter is coming boys! 

Victoria Concordia Crescit.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: