The rise of ancient pyramid

Brilliant professor is brilliant. Well, hampir aja arsenal bikin malem minggu kacau balau. Ngelawan Norwich yang numpuk bis dibelakang, arsenal justru kehilangan bentuk permaenan. Wilshere maen butut, hal normal buat pemaen yang udah 6 minggu gak maen dan trauma cedera panjang musim lalu. Gervinho kembali bermaen jelek karena temen maennya sekarang mulai orang-orang langganan starternya wenger. Kalau katanya jonathan Wilson si gerv itu maen jelek di arsenal karena temen-temennya jago, berasa minder gitu doi, laen kalo maen di cote d ivore disana yang maen jago Cuma yaya toure ama drogba, si gerv maen bisa lepas. Anyway, that could be the worst first half on the last 5 games. Dari 100 passing di final third Cuma 76 yang sukses, 76% itu persentase buruk buat rata-rata stat arsenal.

Di babak kedua gak jadi lebih baik. Arsenal masih kurang kreatif, cazorla terlalu jauh dari kotak penalty, bola gak maju-maju karena dribel nya wilshere dan ramsey kebaca mulu. Umpan-umpan beberapa kali kurang tenaga, jadi bisa diintersep sama Norwich. Kemudian seperti muncul tanda bencana, tunner ngegolin dari situasi set piece. Liga champion musim depan berasa hilang begitu saja.

Semua tampak makin busuk gara-gara arsenal mulai maen kayak persib. Pas bek pegang bola gak ada gelandang yang ngedeketin minta bola, vermaelen dan kos masing-masing sekali ngasih long pass gagal. Pas pemaen tengah yang pegang bola, gak ada satu pun yang minta operan deket, semua stuck di posisinya masing-masing. Well, dengan Norwich yang maen parker bis begitu emang salah satu caranya adalah bikin posisi merenggang dengan gerak di sisi lapangan, harapannya cazorla atau ramsey bisa naek atau poldi dan Walcott bisa cut inside.

Kemudian wenger mulai menjadi gila, dan orang gila itu tipis banget bedanya ama orang jenius! Le boss masukin ox gantiin sagna. Aing rasa sih si boss ngegelar 2-3-5 di lapangan. Formasi klasik abis dari jaman tahun 1880an, bertahan selama berpuluh-puluh tahun sampe dua episode awal piala dunia. FYI, aing lagi baca inverting the pyramidnya jonathan Wilson.. :D

Sejak menit 81 arsenal maen Cuma dengan dua bek, kos dan tom. Tiga pemaen tengah diisi arteta yang jadi metronomnya, cazorla dan ramsey yang bergerak lebih ke kanan buat covering area di belakang ox. Di depan ada Gibbs-Ox jadi outer left-right, Poldi-Theo jadi inside forwardnya dan Giroud di center forward. Walau begitu, berdasarkan strategi kuno juga, Cuma satu flank yang beneran bertugas full attack yaitu sisi kanan arsenal sedangkan gibbs masih mencoba nahan diri biar bisa lari mundur pas diserang.

20130414-010044.jpg

20130414-010753.jpg

Gol pertama arsenal dari serbuan lewat kanan, walau seharusnya gak corner, tapi ox dan Walcott bisa bikin whittaker-bassong dan Snodgrass kelimpungan. Gol kedua juga karena frontline nya arsenal berhasil bikin defend nya Norwich outnumbered, posisinya jadi selalu 6 lawan 5 begitu bola masuk kotak penalty. Di babak pertama, posisi paling depan arsenal sering banget 1 vs 4. Liat kejadiannya gerv ngelewatin bunn dan crossingnya (emang mungkin crossing maksudnya) gak ada yang nyambut. Kalo gol ketiga sih bonus, karena arsenal udah gak terlalu sporadis lagi maennya. Yeah, Formasi ini berhasil bikin 3 chances buat arsenal dan dua gol hanya dalam waktu 15 menit, sebelumnya arsenal Cuma bisa bikin 9 chances selama 80 menit!

20130414-010225.jpg

20130414-010244.jpg

Well, yang paling aing seneng sih liat wenger maenin strateginya. Pas kalah 0-1 dia emang udah lempar semuanya, kagok edan! Masukin ox gantiin sagna adalah pilihan pergantian pemain yang jarang banget dilakuin wenger, ngeganti pemain sekaligus ngerubah formasi dan bentuk permaenan arsenal. Sisa-sisa kejeniusan the professor tampaknya masih ada.

Last word, that ancient pyramid 2-3-5 really got me excited boss! Turf card really.. hahaahaha.. and off course with this result, one of totts or chelski will not plays in the champions league next season. Definitely!
Victoria Concordia Crescit!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: