only a qoute eh? ini soal naek gunung looh…

seorang guru mendaki ane pernah ngasih petuah pas untuk pertama kalinya ane jadi team leader naek gunung cikuray. karena dia gak bisa ikut, dia cuma ngasih quote dari sir edmund hillary (orang yang naek puncak everest pertama kalinya) ” naek gunung itu bukan buat naklukin gunung, tapi naklukin diri sendiri..” quote yang sangat bagus. tapi apalah artinya quote kalau itu cuma kata-kata. mirip banget kayak baca qur’an tapi gak pernah diamalin (beuraaatt..). hahaha. tapi intinya sih sebuah ajaran itu gunanya untuk diamalkan bukan cuma dikagumi.

well, asbabun nuzul nya nulis ini sih karena dapet kabar dari seorang temen (sebernya dia apprentice ane juga sih.. ) bahwa dia gak bisa ikut pendakian ke sebuah gunung gegara “team leader” nya bilang udah gak ada quota dan karena kebanyakan yang naek newbie jadinya gak mau repot kali yaa..

naah! disinilah seharusnya kata-kata menaklukan diri sendiri itu dimaknai lebih dalam. kalau lu menolak seorang yang pengen naek gunung gara-gara alasan tadi.. (quota, dan sebenernya ane gak yakin itu alasan sebenernya) maka sesungguhnya udah kalah dalam menaklukan diri. naek gunung tuh pada akhirnya adalah urusan pribadi dengan gunung.

naek gunung itu sebuah ritus suci. kenapa ritus suci? karena kalau pikiran lu kotor, ucapan lu kotor, perbuatan lu kotor, niscaya lu bakal ditelen sama gunung! dasa darma pramuka no 10 tuh cocok banget buat dipraktekin naek gunung. suci dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan! itu inti sebenernya dari menaklukan diri sendiri.

dalam kondisi yang cape, sendirian di tengah alam, seringkali dalam kondisi kehausan dan kelaparan, kedinginan atau kepanasan. lu harus selalu siap sedia mengambil keputusan, dan harus selalu mengutamakan orang lain. karena sedikit egoisme yang muncul artinya lu gagal menaklukan diri sendiri dan sebenernya gagal memenuhi esensi dari perjalanan naik gunung itu.

orang payah adalah… yang dalam keadaan gak bawa beban carrier, masih di tengah kota, masih bisa mendapatkan makan minum dengan gampang dan dia gagal membantu orang lain yang pengen naek gunung. yang dia dengan egois nya berpikir bakal susah bawa orang ke gunung. how could you lead other people on mountain condition?

okeh ini blog emang ditulis dengan emosional. yah, kalau udah beda prinsip emang susah sih buat gk emosional. sempet kepikiran juga sih untuk gak akan pernah naek gunung ama orang begitu, tapi kalo itu yang terjadi justru ane yang gagal menaklukan diri sendiri tandanya. menghargai prinsip orang lain adalah salah satu kendali taklukan diri sendiri. well, ane cuma mau bilang.. lu payah!

dan sebenernya, menurut pidi baiq, esensi naek gunung itu adalah untuk emlihat lembah. yah sederhana aja, gak usah mikir macem-macem. hahaha..

Β 

TABIK untuk semua pendaki gunung!

buschenali over 1000m above sea levelΒ 

Advertisements
1 comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: